Selasa, 21 September 2010

Mendevelop SOP (Standard Operating Procedure) di Perusahaan Manufacture

Mendevelop sistem SOP lebih baik menggunakan pendekatan ISO 9001. Mengapa? pendekatan sistem manajemen iso 9001 adalah sistem manajemen mutu yang terbaik pada saat ini dengan added value yaitu:
1). merupakan standard sistem manajemen international yang diakui dunia
2). memudahkan dalam proses up grade jika harus meningkatkan dari standard operating procedure ke sistem ISO.
3). memudahkan dalam menelusur ketidaksesuaian yang ada
4). memudahkan dalam melakukan revisi
5) memudahkan dalam melakukan pengawasan aset dan lainnya
Mendevelop SOP di perusahaan manufacture berbeda dengan perusahaan jasa. Letak perbedaannya sebenarnya terletak pada bisnis proses dan tingkat kompleksitas industrinya. Rata-rata perusahaan manufacture lebih kompleks dan lebih susah dibandingkan dengan perusahaan jasa.
Di dalam perusahaan manufacture  departemen yang ada biasanya dibagi atas:
a) Departemen Umum atau General Affair
b) Departemen HRD
c) Departemen Marketing
d) Departemen Produksi
e) Departemen PPIC
f) Departemen Gudang dan Transportasi
g) Departemen Accounting & Finance

Namun banyak perusahaan manufacture yang  departemennya juga tidak atau belum lengkap. Untuk mengatasi hal ini tentu dibutuhkan SOP yang ideal type yaitu SOP yang dimiliki oleh suatu perusahaan dimana semua departemen sudah ada dengan fungsi dan wewenang masing-masing. Meskipun jabatan harus dirangkap tetapi job description di dalamnya harus berbeda, sehingga setiap orang yang merangkap jabatan bisa tahu kapan dan apa tugas dan wewenangnya ketika berfungsi menjalankan job desc tertentu. Selain memudahkan si pengguna juga memudahkan pimpinan untuk melihat kompetensi dan kapasitas kemampuan dari personel dengan dibandingkan dengan perkembangan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar