Mengidentifikasi dan mendiagnosis masalah. Kita datang kepada seorang konsultan / consultant iso karena kita memiliki masalah. Untuk masalah fisik, kita pergi ke dokter. Untuk masalah psikis, kita pergi ke psikolog atau psikiater. Untuk masalah hukum, kita mengunjungi ahli hukum. Untuk masalah keuangan, kita pergi ke konsultan keuangan, untuk masalah sistem manajemen kita pergi ke konsultan / consutant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) Jadi, seorang konsultan iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) senantiasa bergelut dengan masalah para pelanggannya.
Lalu, apa yang dilakukan selanjutnya? Tentu saja mendiagnosis masalah seputar manajemen sistem tersebut: kapan masalah muncul, apa saja gejalanya, apa pemicunya, mengapa demikian. Diagnosis menyeluruh secara objektif ini dilakukan untuk mengidentifikasi akar masalah yang dihadapi “pasien”. Dalam setiap pekerjaan, kita pasti menghadapi masalah. Jika ingin sukses, jangan lari dari masalah tersebut. Jangan pula mencoba untuk menutup-nutupinya. Sebaliknya, tangani masalah dengan sikap seorang konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) Diagnosis gejalanya secara menyeluruh untuk mengidentifikasi akar permasalahan yang dihadapi. Konsultan / consultant iso ibarat sebagai dokter yang harus mendiagnosa si pasien (perusahaan) yang mengalami permasalahan / bottle neck / problem / terjadi gap dalam proses sebelum si dokter / konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) tsb melakukan tindakan untuk memberikan resep ( solusi ).
Menawarkan opsi jalan keluar. Jika akar permasalahan sudah berhasil ditemukan, akan lebih mudah bagi seorang konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) untuk menawarkan opsi jalan keluar ataupun penyembuhan dari masalah yang dihadapi pelanggan. Seorang konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) yang baik umumnya tidak memaksakan satu opsi jalan keluar. Ia akan membantu pelanggan untuk memilih satu opsi dari beberapa alternatif jalan keluar yang ditawarkan.
Tiap alternatif diikuti dengan konsekuensi yang mengikutinya sehingga pelanggan lebih siap untuk memilih yang terbaik. Demikian pula dengan apa yang bisa kita lakukan di tempat kerja. Dalam memikirkan dan menawarkan jalan keluar, kita harus mempertimbangkan berbagai aspek yang terkait dalam tiap solusi agar solusi bisa dijalankan dengan sukses.
Jika kita bisa diandalkan untuk memberikan jalan keluar, pasti kita akan mendapat perhatian dan dukungan dari banyak orang untuk meraih sukses. Misalnya, jika kita bergerak di bidang asuransi, tawarkanlah berbagai opsi perlindungan untuk masa depan (perlindungan terhadap kesehatan, hari tua, pendidikan anak). Jika kita bergerak di industri sepatu olahraga, tawarkanlah opsi berolahraga dan bergerak dengan nyaman dan sehat melalui sepatu yang kita produksi.
Lalu, apa yang dilakukan selanjutnya? Tentu saja mendiagnosis masalah seputar manajemen sistem tersebut: kapan masalah muncul, apa saja gejalanya, apa pemicunya, mengapa demikian. Diagnosis menyeluruh secara objektif ini dilakukan untuk mengidentifikasi akar masalah yang dihadapi “pasien”. Dalam setiap pekerjaan, kita pasti menghadapi masalah. Jika ingin sukses, jangan lari dari masalah tersebut. Jangan pula mencoba untuk menutup-nutupinya. Sebaliknya, tangani masalah dengan sikap seorang konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) Diagnosis gejalanya secara menyeluruh untuk mengidentifikasi akar permasalahan yang dihadapi. Konsultan / consultant iso ibarat sebagai dokter yang harus mendiagnosa si pasien (perusahaan) yang mengalami permasalahan / bottle neck / problem / terjadi gap dalam proses sebelum si dokter / konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) tsb melakukan tindakan untuk memberikan resep ( solusi ).
Menawarkan opsi jalan keluar. Jika akar permasalahan sudah berhasil ditemukan, akan lebih mudah bagi seorang konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) untuk menawarkan opsi jalan keluar ataupun penyembuhan dari masalah yang dihadapi pelanggan. Seorang konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) yang baik umumnya tidak memaksakan satu opsi jalan keluar. Ia akan membantu pelanggan untuk memilih satu opsi dari beberapa alternatif jalan keluar yang ditawarkan.
Tiap alternatif diikuti dengan konsekuensi yang mengikutinya sehingga pelanggan lebih siap untuk memilih yang terbaik. Demikian pula dengan apa yang bisa kita lakukan di tempat kerja. Dalam memikirkan dan menawarkan jalan keluar, kita harus mempertimbangkan berbagai aspek yang terkait dalam tiap solusi agar solusi bisa dijalankan dengan sukses.
Jika kita bisa diandalkan untuk memberikan jalan keluar, pasti kita akan mendapat perhatian dan dukungan dari banyak orang untuk meraih sukses. Misalnya, jika kita bergerak di bidang asuransi, tawarkanlah berbagai opsi perlindungan untuk masa depan (perlindungan terhadap kesehatan, hari tua, pendidikan anak). Jika kita bergerak di industri sepatu olahraga, tawarkanlah opsi berolahraga dan bergerak dengan nyaman dan sehat melalui sepatu yang kita produksi.
Fokus pada satu keunggulan. Menurut Vince Lombardi, mutu kehidupan seseorang ditentukan oleh kedalaman komitmen orang tersebut pada satu keunggulan, apa pun bidang yang dipilihnya. Demikian pula dengan seorang konsultan / consultant iso. Konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) mempunyai spesialisasi terhadap satu bidang, dan berusaha menjadi unggul dalam bidang tersebut. Banyak orang sukses yang fokus pada satu keunggulan, sehingga ia menjadi sangat baik pada bidang tersebut. Misalnya: Leonardo da Vinci yang memiliki berbagai talenta, memfokuskan diri untuk unggul pada karya seni.
Bagaimana dengan kita? Kita harus segera memutuskan untuk menjadi yang terbaik pada apa pun bidang yang telah kita pilih untuk kita tekuni. Komitmen yang kuat untuk menjadi sangat baik atas apa yang kita kerjakan, dapat menjadi titik yang menentukan untuk meraih sukses dalam hidup kita.
Menjadikan segalanya lebih baik. Walaupun segala sesuatu sudah berjalan baik (tidak ada masalah), bukan berarti tidak ada kesempatan untuk menjadikannya lebih baik: lebih mudah, lebih sederhana, lebih cepat selesai, lebih banyak, lebih unggul dalam kualitas, ataupun lebih praktis. Pada prinsipnya, seorang konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) diharapkan dapat menawarkan perubahan ke arah yang lebih baik. Bagaimana penerapannya dalam pekerjaan kita sehari-hari? Jangan puas terhadap apa pun yang ada saat ini. Pastikan bahwa kita senantiasa menggulirkan perubahan ke arah yang lebih baik: menjadikan proses kerja lebih cepat, hasil kerja lebih baik, pesanan lebih banyak, keuntungan lebih besar.
Apa prinsip seorang Konsultan / consultant ISO ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) yang sukses?
Tidak mudah memang untuk bertindak sebagai seorang konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) untuk meraih sukses. Seringkali kita cenderung untuk bertindak sebagai seorang “diktator” yang ingin memaksakan kehendak, dan memfokuskan pada kepentingan sendiri, bukan kepentingan “pelanggan” yang kita layani. Untuk dapat bertindak sebagai seorang konsultan iso / consultant ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) yang sukses, ada lima prinsip dasar yang bisa kita terapkan, yaitu:
Masalah adalah kesempatan. Mendengar kata masalah saja, banyak orang sudah gemetar. Jika mungkin, banyak orang yang ingin lari saja dari masalah, atau jika masalah tidak terhindarkan, masalah tersebut disembunyikan dari publik. Tidak demikian dengan seorang konsultan / consultant iso. Konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) bahkan “hidup” dari masalah. Bagi seorang konsultan / consultant iso, ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) masalah adalah kesempatan yang membuka jalan untuk berbisnis dan meraih sukses. Jadi, ketika menghadapi masalah, seorang konsultan akan tertantang untuk menyelesaikannya.
Jika ingin sukses seperti seorang konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ), jangan takut terhadap masalah.
Solusi adalah keunggulan. Jika masalah adalah kesempatan untuk berbisnis guna meraih sukses, maka bagi seorang konsultan / consultant iso, solusi adalah “keunggulan” yang bisa ditawarkannya bagi pelanggan. Jadi, solusi memegang peran penting dalam berbinis.
Pentingnya peranan sebuah solusi yang ditawarkan, menjadikan seorang konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) menaruh perhatian besar untuk senantiasa menawarkan solusi yang unggul, yang lebih unggul dari para pesaingnya di industri yang sama. Untuk itu, seorang konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) bersedia mendedikasikan tenaga, pikiran, dan sarana untuk mendapatkan solusi yang terbaik bagi masalah yang dihadapi oleh pelanggan. Demikian pula dengan kita yang ingin meraih sukses. Kita harus berusaha menawarkan solusi yang terbaik (bukan yang biasa-biasa saja). Pengetahuan adalah aset. Agar dapat menawarkan solusi yang unggul, diperlukan pengetahuan yang kaya terhadap setiap permasalahan yang dihadapi. Jadi, pengetahuan harus senantiasa di-upgrade (diperbarui, dilengkapi, dan ditingkatkan), agar keunggulan dalam memberikan solusi bisa selalu terjaga.
Bagaimana caranya? Tentu saja dengan pembelajaran berkelanjutan. Banyak yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan pengetahuan, antara lain: bergabung dengan 10% yang terbaik di bidang yang kita tekuni, membaca berbagai jenis bacaan yang langsung terkait dengan bidang kita, menghadiri berbagai diskusi, pelatihan, seminar yang menunjang keahlian kita, ataupun bersikap terbuka untuk belajar dari orang lain.
Semakin banyak pengetahuan kita, semakin luas wawasan kita, semakin tajam analisis kita, maka semakin unggul solusi yang kita tawarkan. Dengan demikian semakin percaya orang lain akan kualitas kita untuk menawarkan solusi. Pertanyaan adalah senjata. Bagi seorang konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) yang senantiasa bergelut dengan berbagai masalah yang dihadapi oleh kliennya, pertanyaan adalah senjata yang ampuh untuk mendapatkan solusi.
Seorang konsultan / consultant iso akan terus bertanya “Mengapa?”
Tidak hanya satu kali, tetapi beberapa kali, sampai tidak ada lagi yang bisa dipertanyakan. Setiap pertanyaan membuka kesempatan untuk menemukan alternatif jalan keluar. Pertanyaan bisa ditujukan pada diri sendiri, orang lain, ataupun pelanggan. Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini menjadikan segalanya lebih jelas, sehingga lebih mudah untuk menyusun strategi mencari jalan keluar. Sikap “ingin tahu” yang melahirkan serentetan pertanyaan perlu kita adopsi untuk melengkapi kita dengan senjata pengetahuan yang unggul. Kepercayaan adalah modal usaha. Kepercayaan adalah modal utama dari sebuah usaha konsultasi. Tanpa adanya rasa percaya pelanggan pada konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ), usaha ini akan hancur. Masyarakat akan menghubungi seorang konsultan / consultant iso, karena ada rasa percaya pada konsultan / consultant tersebut. Untuk itu, seorang konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) akan senantiasa memupuk kepercayaan dengan bertindak profesional dan menunjukkan integritas yang tinggi. Ia tidak akan berbohong hanya untuk mendapatkan uang semata. Ia juga tidak akan mengorbankan kualitas karena mengejar kuantitas ataupun target bisnis semata. Jika memang ada masalah yang sulit diselesaikannya sendirian, pasti ia akan merekomendasikan klien untuk menghubungi ahli lain yang bisa membantu klien tersebut. Konsistensi dalam perkataan dan perbuatan juga dilakukan untuk memupuk kepercayaan.
Demikian pula dengan kita di tempat kerja. Untuk membuat orang lain mendukung kita, kita perlu menjadikan kepercayaan sebagai modal usaha. Menurut Brian Tracy, seorang konsultan / consultant bisnis yang sukses, kita sebaiknya jangan pernah melakukan atau mengatakan sesuatu yang tidak kita yakini sebagai hal yang benar, baik, dan jujur. Kita juga dianjurkan untuk tidak mengkompromikan integritas kita demi apa pun, dan agar kita bertindak sesuai dengan standar tertinggi yang kita kenal. Jadi, untuk meraih sukses, kita perlu mengambil keputusan untuk secara konsisten menjunjung tinggi integritas kita yang dapat menumbuhkan kepercayaan orang lain pada kita. Apa pun bidang usaha yang kita tekuni, apa pun produk ataupun jasa yang kita tawarkan, kita perlu mengadopsi sikap seorang konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) dan prinsip dasar yang diterapkannya. Dengan bertindak sebagai seorang konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ), kita bisa meraih sukses dengan menjadikan produk dan jasa yang kita tawarkan bukan semata sebagai “barang dagangan”, tetapi sebagai solusi atas masalah yang dihadapi pelanggan.
Jadi kesimpulannya untuk menjadi seorang konsultan / consultant iso ?
Harus memiliki dasar “communication skill” yang baik juga knowledge / pengetahuan / wawasan yang luas untuk bidangnya sehingga dapat memberikan masukan / memberikan solusi bagi customernya, namun lebih dari itu seorang konsultan iso juga harus memiliki “leadership” yang baik dalam men-drive up / mengarahkan dan meng-coach / melatih tim / personil perusahaan customernya sehingga dapat menjalankan apa yang menjadi solusi dari konsultan iso.
Demikianlah sekilas untuk menjadi konsultan iso atau bahkan untuk memilih menjadi konsultan / consultant iso ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 ) memiliki dasar-dasar yang disebutkan diatas, semoga bermanfaat..!
Silahkan hubungi kami SIEN Consultant untuk mendapatkan informasi Jasa services Consultant / Konsultan ISO / Training ISO atau Klik DISINI untuk mendapatkan Free Consultancy untuk permasalahan anda..?
Reach us to find our services : ( ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, ISO / TS 16949, OHSAS 18001, ISO 17025 )
Informasi lebih Lanjut Hubungi:
REKO HANDOYO
PT. SIEN CONSULTANTS
JAKARTA BARAT, INDONESIA
TELP: 021-36233226, 021-98567515
HP” 081389411679, 081932985325
Tidak ada komentar:
Posting Komentar