Senin, 26 Juli 2010

SYSTEM OPERATING PROCEDURE (SOP) PERUSAHAAN

Pada saat ini masih banyak Perusahaan yang beroperasi tanpa didukung dengan sebuah sistem SOP atau Sistem Operating Procedure  perusahan. Mereka lebih banyak beroperasi berdasarkan kebiasaan apa yang sudah mereka jalankan bertahun-tahun dan akhirnya menjadi sebuah kebiasaaan,budaya perusahaan tersebut. Tidak hanya terbatas dengan perusahaan dengan skala kecil, perusahaan skala menengah dan besar pun masih ada yang belum memiliki System Operational yang baku dan dibakukan pula. Pada umumnya juga perusahaan dengan tipe seperti ini semua system yang ada dan berlaku disana ada dan dicatat dimasing-masing kepala para key person, dimana para key person mungkin sudah bekerja lama untuk perusahaan ini.

Hampir seluruh perusahaan menyadari arti penting dari standard operating procedure (SOP-prosedur). Secara umum fungsi  SOP bukan hanya sebagai alat control tapi juga sebagai alat untuk menjaga konsistensi dari kualitas output perusahaan. Standard operating procedure (SOP-prosedur) harus mampu menjadi alur bagi jalanya perusahaan (how to do) dan bukan sebagai pengalang atau penghambat system manajemen perusahaan. Oleh karena itu design SOP tidak bisa sembarangan karena harus dilihat tingkat fleksibilitas dan control perusahaan.Untuk Konsultasi SOP atau sistem prosedur, Kami mendesing sop berdasarkan kebutuhan dari perusahaan dan jenis perusahaan.  oleh karena itu SOP masing-masing perusahaan akan sangat berbeda dan sangat tailor made.

Pembuatan SOP di bidang usaha manufacture atau jasa akan berbeda bahkan SOP di perusahan dengan industry yang sama bisa saja memiliki SOPyang berbeda. Hal ini bisa dipengaruhi karena budaya kerja, system kerja, jumlah karyawan dan banyak factor lainnnya.
Umumnya perusahaan memiliki divisi untuk masing-masing SOP  sebagai berikut :
  1. Departemen HRD & GA
  2. Departemen Finance & Accounting
  3. Departemen Marketing
  4. Departemen Purchasing (logistic)
  5. Departemen Produksi
  6. Departemen Operasional

Suatu perusahaan bisa saja memiliki SOP yang terlalu menggelembung dan banyak. Hal ini akan berakibat negative bagi perusahaan dan karyawan disebabkan besarnya SOP akan membengkaknya organisasi.Padahal dalam sisi lain perusahaan ingin adanya efisiensi dan efektivitas.
Membengkaknya system SOP ini disebabkan beberapa hal:
  1. Tidak bagusnya konsultan atau perusahaan dalam mendesign dan mendefinisikan bisnis perusahaan
  2. Tidak memiliki pengalaman dalam mendesign sop yang efisien dan efektif
  3. Tidak memahami bisnis proses departemen
  4. Tidak adanya komitmen untuk menciptakan struktur organisasi dan sop yang efisien dan efektif dari manajemen perusahaan
  5. Dan masih banyak factor lain.
SIEN Consultants adalah perusahaan konsultan dan training manajemen. Berfokus pada perkembangan bisnis pelanggan SIEN Consultants memiliki beberapa divisi konsultasi dan training manajemen. Berdiri sejak tahun 2001 dan berkantor pusat di Tomang, Jakarta Barat, saat ini SIEN Consultants memiliki representative off ice di Semarang dan Surabaya.

Kami memiliki pengalaman untuk mendesign SOP mulai dari perusahaan manufacture, jasa, trading, engineering, retail dll.
Jasa Pembuatan SOP ,sistem Prosedur ,Sistem Operating Procedure perusahan kami mulai dari:
  1. SISTEM PROSEDUR (SOP) HR MANAJEMEN
  2. SISTEM PROSEDUR (SOP) AKUNTANSI FINANCIAL
  3. SISTEM PROSEDUR (SOP) MARKETING DAN SALES
  4. SISTEM PROSEDUR  (SOP) OPERASIONAL
  5. SISTEM PROSEDUR (SOP) UMUM ,GENERAL  AFFAIR
  6. SISTEM PROSEDUR (SOP) PERUSAHAAN
  7. DLL
Hal-hal positif yang dapat dirasakan dengan sudah adanya SOP di Perusahaan diantaranya :
  1. Adanya Standard dan prosedur yang Jelas, Perusahaan memiliki standard operasional yang baku. Dengan adanya prosedur yang jelas dan baku akan lebih lancar aktivitas karyawan semua bagian karena setiap karyawan menjalankan fungsinya masing-masing dan mengetahui dengan jelas apa yang menjadi tanggungjawabnya.
  2. Dokumen yang digunakan sudah Standard, sehingga memudahkan setiap karyawan untuk mengingatnya. Terutama bila perusahaan tersebut besar dan memiliki banyak anak perusahaan kemungkinan seorang karyawan yang dimutasi akan mudah untuk beradaptasi.
  3. Memudahkan dalam mengontrol system ataupun mengetahui jika terjadi kebocoran di perusahaan ataupun untuk menganalisa titik lemah dari perusahaan untuk menjadi bahan koreksi kembali.
  4. Administrasi perusahaan yang lebih rapih.
  5. Langkah kedepannya akan mempermudah perusahaan dalam memperoleh ISO (International Organization for Standarization)

DAPATKAN INFORMASI LENGKAP Jasa Konsultan SOP, Jasa Penyusunan SOP, System Operating Procedure, Sistem Operasional Prosedur Konsultan, Konsultan SOP, System Operating Procedure, Sistem Operasional Prosedur, Consultant SOP, System Operating Procedure, Sistem Operasional Prosedur Consultant, SOP Consultant, Konsultan Prosedur, SOP Konsultan,   HANYA TELP KE:

REKO HANDOYO, S.IP
Business Consultant
SIEN CONSULTANTS
Jl. Radiul No 6Jatipulo Tomang Jakarta Barat, Indonesia
Mobile: 081932985325, 081389411679, 98567515
Kantor telp:021-36233226, 021-98567515,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar